pengantin melayu cantik
Quotes

Kata Kata Bijak Bahasa Melayu

Nah sebelum kita menuju tulisan kata kata bijak bahasa Melayu. Kita sedikit mengulas terlebih dahulu yuk, terkait bahasa melayu.

Istilah bahasa melayu sendiri merupakan sejumlah bahasa yang Saling bermiripan yang dituturkan di wilayah nusantara dan di semenanjung malaya.

Bahasa melayu juga telah resmi dipakai diberagai neagara, seperti di Brunei Darussalam,  Malaysia. Dipakai juga di Afrika Selatan Sri lanka, Thailand Selatan, Filipina, hingga papua nugini.

Sejarah Bahasa Melayu

sejarah melayu
Sumber: pojokseni.com

Mari kita sedikit mengulas perihal ini. Bahasa melayu termasuk dalam bahasa – bahasa melayu polineisa.

apa itu? Yaitu sebuah rumpun bahasa yang sangat luas penyebarannya di dunia.

Kenapa ? karena bahasa melayu merupakan bahasa yang digunakan pada jaman perdagangan lho. sekitar di abad 7.

Bagaimana tidak, bahasa melayu dijadikan sebagai perantara komunikasi antar negara pada dahulu kala.

Tahu nggak?

Karena istimewa nya bahasa melayu ini, dipandang sebagai bahasa internasional yang diperhitungkan di dunia lho.

Selain itu bahasa melayu juga terkenal dengan kata kata bijaknya lho.

Namun berbeda dengan sekarang, mungkin tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan bahasa melayu.

Tapi tenang kalian bisa koq menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia.

Berikut kata kata bijak bahasa melayu :

Kata Bijak Bahasa Melayu Tentang Nasihat Mendalam

kata kata bijak bahasa melayu

Ada banyak sekali quotes atau kata kata bijak dalam Bahasa Melayu yang akan sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan Kita.

Mengumpat itu mudah

Bercakap itu mudah sebab itu ramai sungguh orang melakukannya, tapi mengumpat itu lebih mudah sebab lebih ramai orang melakukannya

Berbicara itu mudah karena banyak orang benar- benar melakukannya, tetapi mengumpat lebih mudah karena lebih banyak orang melakukannya.

Nah siapa yang suka banget bersua atau bicara hehe.  Mudah banget ya kalo bicara itu, bicara A, bicara B.

Padahal kita diberi satu mulut dan dua telinga, tapi kebanyakan manusia itu  banyak bicara, betul apa betul? . kata kata melayu ini seolah menyindir kebanyakan manusia yang suka keceplosan.

Biasanya perempuan nih yang suka hobinya bicara hihi, bahkan dalam sebuah ilmu pengetahuan pun dikatakan perempuan lebih banyak mengeluarkan kosa kata per hari nya lho hihi.

Tapi ada yang lebih mudah selain berbicara, apa tuh? Yaitu mengumpat! , bergosip kejelekan orang lain.

Kita sering kali lebih mudah mengumpat orang lain, dari pada intropeksi kepada diri sendiri. Ada pepatah mengatakan jika kamu tak berbicara baik lebih baik kamu diam.

Mengumpat? Baik atau buruk? Seperti pertanyaan yang gampang yah hehe.

Ya udah mulai sekarang bicarakan yang baik baik aja ya. Hehe

Bertambah

Bertambah luas akal, bertambah luas hidup,bertambah datanglah bahagia. Bertambah sempit akal, bertambah sempit pula hidup, bertambah datanglah celaka.

Semakin luas pikiran, semakin luas kehidupan, semakin banyak kebahagiaan yang datang. Semakin sempit pikiran, semkain sempit kehidupan, semakin banyak celaka yang datang.

Manusia adalah makhluk istimewa, kenapa? Tuhan memberikan akal kepada manusia,  berbeda dengan binatang.

Kata kata melayu ini seolah mengingatka kepada kita semua lhoo. Bahwasanya kita sebagai manusia agar benar benar memanfaatkan akal ini.

Untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan, manusia bisa menggapainya, berfikir menggunakan akalnya.

Seperti halnya pada kata kata melayu ini. Semakin kita mempunyai banyak ilmu kita akan lebih mudah menjalani kehidupan.

Sebaliknya ketika kita sempit akan pengetahuan, segalanya rasanya sulit dijalan. Iya atau iya?

Makannya dari itu yukk terus belajar, perbanyak ilmu pengetahuan. Ilmu nggak berat di bawa koq. hehe

Berusahalah

Jika anda ingin berjaya janga nlah hanya melihat anak tangga saja, akan tetapi, berusahalah untuk menaiki tangga tersebut.

Jika ingin sukses jangan hanya melihat tangganya saja, tapi cobalah menaiki tangga tersebut.

Gimana paham maksud dari anak tangga? Kata melayu ini mengandung yang sangat dalam banget nih.

Mau sukses ? pasti semua orang mau ya kan. Anak tangga dalam kata bijak bahasa melayu ini, diibaratkan sebuah rencana atau proses dalam menggapai kesuksesan.

Apakah sukses itu instan? Sunggub tidak, ada banyak yang harus dikorbankan

Nah kalau ingin sukses susun rencana, tapi bukan untuk disusun aja ya . hehe

Yuk lakukan sekarang juga! Tanpa berfikir dan cemas berlebihan.  Action, lakukan awali dengan doa, barengi usaha, akhir dengan doa lagi lalu bertawakal lah pada NYA.

Perihal pahit dan sedap

Jangan fikirkan yang sedap saja, kadang – kadang kita kena juga telan yang pahit sebab kadang – kadang yang pahit it ubat sedang yang sedap itu racun.

jangan hanya memikirkan enaknya saja, terkadang kita harus menelan pahitnya karena terkadang yang pahit adalah obat sedangkan yang enak adalah racun.

Kamu ingin ini dan itu, ingin kesana, kesini. Kata bijak bahasa melayu yang miliki makna yang dalam.

Beruntungnya kamu adalah orang yang mampu. Tapi kamu belum beruntung dalam menyelami makna kehidupan.

Dalam hidup semua tak ada yang tak berdampingan, apakah kesenangan tak berdampingan dengan kepahitan? Tentu berpasangan.

Kadang kita sering lupa dan terlena, yang kita fikirkan hanya yang senang saja, lupa akan kepahitan.

Kesenangan tak selalu menjadi obat, dan yang pahit adalah racun, terkadang semester mengendalikannya berbalik, kepahitan bisa jadi obat dan kesenangan bisa jadi racun.

Mempertajam seminit

Mempertajam kapak seminit itu lebih baik daripada menghayun kapak yang dempak sepanjang hari.

Mengasah kapak selama satu menit lebih baik daripada mengayunkan kapak sepanjang hari.

Coba apa makna dari kata bijak bahasa melayu di atas? Mengerti ndak nih?

Coba kita lihat ketika mengasah kapak, bagian mana yang diasahnya? Agar apa? Agar lebih tajam dan memudahkan ketika membelah kayu dan lainnya.

Apakah ketika membelah hanya didiamkan? Tentu tidak, kita harus mengayunkannya

Diayunkan terus tanpa diasah, bisa? Bisa tapi kurang efektif, lama, tidak tajam yang ada malah cape.

Maka dari itu kita ambil pelajaran. Sesuatu hal yang ingin kamu lakukan cobalah difikirkan dengan matang, agar tidak sia sia kemudian.

Sebuah kalimat yang bagus “kerja cerdas,  bukan hanya kerja keras”

Buruk di mata orang

Biar buruk di mata orang tapi indah di mata TUHAN, tapi tentu bagus kalau indah di mata TUHAN juga indah di mata orang.

Biarlah buruk di mata manusia tapi indah di mata TUHAN, tapi tentu lebih baik jika indah di mata TUHAN juga indah di mata manusia.

Kata bijak bahasa melayu teruntuk aku, kamu dan kita semua yang selalu ingin terlihat indah dimata manusia.

Tidak bisa dipungkiri kita semua sebagai manusia selalu ingin dilihat indah, dipandang baik oleh manusia lainnya.

Namun pada hakikatnya penilaian manusia itu tidak lah begitu penting, karena yang kita perlukan adalah penilaian adalah sang maha kuasa.

Maka dari itu, tak perlu begitu dipusingkan penilaian orang lain, selagi kamu telah melakukan kewajiban yang diperintahkan TUHAN. Berdoalah semoga tuhan meridhoinya.

Berikan yang terbaik

Apapun bentuk kehidupan yang dihadapi, berikan diri anda yang terbaik setiap hari.

Apapun bentuk kehidupan yang anda hadapi, berikan diri anda yang terbaik setiap hari.

Memberikan yang terbaik adalah sebuah cara kita bersyukur atas segala kebaikan yang diberikan oleh tuhan.

Sebenarnya kejadian yang kadang tak berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan bukan berarti sia sia, semua yang terjadi pasti yang terbaik untuk kita. Selalu ambil hikmahnya.

Berusaha dengan semaksimal mungkin, hasilnya serahkan kepada tuhan. Berikan yang terbaik untuk dirimu setiap harinya, dan sisanya biar tuhan yang menentukan.

Yang paling membahayakan.

Bahaya yang paling berbahaya dalma hidup bukanlah saat gagal, tetapi gagal untuk mencoba lagi saat gagal.

Perihal kegagalan mungkin saja suatu hal yang sangat dikhawatirkan oleh banyak orang. Betul?

Aku, kamu atau siapapun pasti akan berusaha melakukan yang terbaik agar berhasil.

Tapi selalu ingat tidak ada keberhasilan, melainkan pasti pernah merasakan kegagalan.

Sebenarnya kegagalan adalah hal biasa, iya atau iya?

Kegagalan adalah gerbang keberhasilan, karena dari kegagalan lah kita belajar. Ketika kita gagal? Masih banyak kesempatan, bukan? mari kita coba lagi dan lagi!

Kata bijak bahasa melayu di atas, menjadi bahan motivasi untuk kita yang pernah gagal, tapi tidak pernah menyerah dan putus asa.

Karena ada yang lebih berbahaya daripada gagal, yaitu tidak mau mencoba lagi setelah gagal.

Hadiah paling berharga

Hadiah yang paling berharga buat teman adalah bertimbang rasa dan setia memaafkan kesalahannya.

Hadiah yang paling berharga bagi seorang teman adalah menjadi perhatian dan setia untuk memaafkan kesalahannya

Punya teman? Punya sahabat? Pasti ya.Mereka hadir menemani cerita hidup kita. Harapan kita adalah ketika kita sedang jatuh mereka siap sedia.

Pernah nggak si kamu merasa dengan secara spontan bertanya kabar ke sahabat kamu, hanya karena prasangkamu sedang tidak baik baik saja tentang dia.

Dan benar itu fakta, itu bisa diartikan betapa dekatnya kamu dengan sahabat mu.

Maka dari itu, kata bijak bahasa melayu ini mengingatkanmu.

Untuk selalu memberikan yang terbaik untuk teman/sahabat mu, dengan apa?

Peduli dengannya, memaafkna kesalahannya dan tetap setia kepadanya

Kemajuan

Sebelum berhenti, ingat mengapa kamu bermula.

Sebelum kamu berhenti ingatlah kenapa kamu memulai

Kata bijak bahasa melayu ini merupakan motivasi untuk kita semua. Pada setiap apa yang kita perjuangkan. Semua akan menemui hal baiknya sendiri.

Mungkin melelahkan? Iya. Tapi ingat ketika kita berniat untuk berhenti berjuang, alasan apa yang membuat kamu untuk memulainya.

Berjuang kukira tak ada henti sebelum menemukan titiknya sendiri, gimana paham tidak kta barusan?

Pada  intinya teruslah berjuang sampai titik penghabisan. Ketika sesuatu sudah kamu mulai dengan ucapan bismillah, semoga berakhir dengan mengucapkan alhamdulillah.

Kata Kata Bijak Bahasa Melayu Tentang Cinta

quotes melayu

Untuk yang sedang galau karena cinta, dimabuk cinta, hidup serasa sepi tanpa cinta dari dia hehe. Tak apah ya asal jangan sepi cinta dari Tuhan. Ini dia ada kata kata bijak bahasa melayu tentang cinta, disuguhkan untuk kamu semua.

Kata bijak melayu tentang cinta ini bisa kamu jadikan status, atau sekedara gurauan, bahan renungan bagi yang sudah berpengalaman, dan lain halnya hehe

Aku tak merindu

Aku tak merindui datangnya malam minggu, sebab setiap malam minggu tak pernah ade cewek.

Kali ini Kata bijak bahasa melayu tentang cinta agak nyeleneh yah kawan hehe. Pasalnya kata bijak ini sangat memprihatinkan bagi jomblo dari kalangan pria.

Bagi pria jomblo, sepertinya semua hari sama saja ya, tidak ada yang berbeda, tak terkecuali hari minggu. Jadi tidak ada malam yang rindu. Karena jomblo, nggak akan ada cewek ini. hihi

Dimana pada biasanya hari minggu, menjelang malamnya dijadikan sebagia malam spesial bagi yang sudah berpasangan.

Tapi tenang tak usah galau berlebihan yah wahai pria. Kamu bisa pakai malam minggu untuk hal hal baik koq.

Cinta itu melekat pada doa doa

Cinta itu tidak selalu melekat pada kebersamaan, tapi melekat pada doa doa yang disebutkan dalam senyap

Berbicara tentang bahasa cinta, sepertinya banyak sekali yang bisa diutarakan. Teruraimenjadi sebuah kata kata, atau tersirat sikap seseorang.

Sering kali kita lihat orang mebuktikan cintanya dengan selalu ada dan bersama orang yang kita cinta, ada juga yang tak membuktikan cintanya secara kasat mata, tapi dengan doa.

Ya karena doa adalah bukti cinta yang sebenarnya, kamu tak perlu membuktikan apa apa, doa bisa menjadi bukti paling nyata.

Kenapa ? karena sejatinya doa adalah cara meminta hati kepada sang pemilik hati. Eaaa batul ngak tuh hihi?

Begitulah kiranya arti dari kata bijak bahasa melayu di atas.

Kesabaran  dan keikhlasan

Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit

Perihal kesabaran dan keikhlasan memang sulit rasanya, bukan?

Dalam kehidupan pasti akan selalu ada rintangan dan hambatan. Ya begitulah kehidupan, selama kita masih bernafas, ujian dan cobaan terus berganti haluan.

Kita sebagai manusia hanya bisa bersabar, sabar bukan hanya terlihat dari ucapan saja, tapi juga dibuktikan dengan sikap. Tidak mengeluh tapi tetap berdoa semabri berusaha.

Ikhlas menerima apa yang telah tuhan takdirkan, karena ujian dan cobaan bisa jadi bentuk kasih sayang tuhan kepada hambanya.

Sabar itu luasnya tak hingga, dan ikhlas lapangnya melepaskan.

Tak perlu banyak

Tak perlu banyak, cukup satu nama untuk bisa sangat bahagia atau terluka sedalam –dalamnya

tidak perlu banyak nama, hanya cukup satu nama untuk sangat bahagia dan sangat terluka sedalam dalamnya.

Kenapa bisa? Hanya cukup satu nama, tak perlu banyak ? menurut teman teman kenapa ya?

Ada pepatah yang mengatakan, jangan berlebihan dalam mencintai dan membenci seseorang.

Karena bisa jadi hal itu berbalik, seseorang yang kamu cintai bisa jadi orang yang kamu benci, begitupun sebaliknya.

Dalam kata kata bijak bahasa melayu diatas bisa diartikan,

Ketika mencintai seseorang secara berlebihan bisa jadi ia adalah sebab kebahagiaan, tapi bisa jadi juga ia adalah sebab kau patah hati sedalam dalamnya.

Yang berasal dari hati akan sampai ke hati

Kadang menyayangi itu sebagaimana melangkah di atas api, semakin dekat semakin panas bahkan dapat saja semakin ganas.

Tapi tetap saja meskipun begitu aku akan terus selalu mencintaimu, karena aku meyakini hal yang berasal dari hati pasti akan sampai ke hati

Terkadang bagi sebagian orang rasa sayang dan cinta itu tak perlu meminta balasan.

Ada juga yang meminta balasan. Jika aku cinta kamu, kamu juga harus.

Tapi bagi orang yang bijak ras cinta kita kepada orang lain tak perlu meminta paksa untuk kembali dicinta. Tapi harus berani menerima konsekuensinya.

Apa?

Seperti kta bijak bahas a melayu di atas, dijelaskan. Ketika kita menyayngi seseorang itu artinya kamu sedang melangkah di atas api, semakin dekat maka akan semakin parah.

Menyayangi makhlukNYA secara berlebihan sama saja kita sedang menunda patah hati terbesar.

Perempuan

Perempuan kalau ketawa, ketawa dia lebih ikhlas daripada lelaki. Tetapi kalau lelaki menangis air mata dia lebih jujur daripada perempuan.

Gimana? Wahai perempuan dan laki laki terkait kata bijak di atas? Setuju tidak. Hehe

Pernah ada yang pernah mengatakan jika melihat laki laki menangis, yakinlah tangisannya adalah yang paling bukti dan yang paling tulus.

Perbedaan lelaki dan perempuan perihal tertawa dan menangis, perempuan jika tertawa ketawa nya paling ikhlas dibanding lelaki. Kenapa?

Mungkin laki laki tertawa hanya untuk menutupi kesedihannya, tetapi terkadang perempuan juga begitu, bukan?

Lelaki jarang banget ada yang nangis, iya nggak? Itulah mungkin kenapa seklainya ia menangis itu adalah bentuk luapan emosionalnya.

Tapi lelaki dan perempuan punya cara masing masing dalam mengekspresikan kesedihan dan kebahagiaannya. Perihal keikhlasan kita tak pernah tau, bukan?

Agama adalah manisannya

Jika hidup ini pahit, agama manisannya. Jika hidup ini sempit, doa melapangkannya.

Perihal dunia memang tak kan habis dibicarakannya ya teman teman.

Pahit, asam, manis semua komplit.

Namun, dalam hidup kita harus punya pondasi, pedoman dalam menjalani kehidupan. sebagai umat muslim pedoman hidup kita adalah al quran.

Semua tentang kesusahan, pertanyaan jawabannya dari al quran. Jadi ketika hdiupmu terasa pahit, jadikan agama sebagai pemanisnya, sebagai pondasi kekuatan dalam menjalani hidup.

Dan doa adalah senjata bagseorang muslim, tak ada senjata paling ampuh selain doa. Tak lupa keyakin ayng besar kepada allah, dan ikhtiar.

Maka dari itu ketika hidupmu terasa sempit, jadikanlah doa sebagai cara untuk melapangkannya.

Pergi dan bertahan

Semacam pergi tapi ditahan, semacam stay tapi dibuang.

Kalimatnya tak panjang tapi sangat ngena banget ya teman? Gimana apa artinya ya?

Kita akan bertahan jika dihargai, iya? Jika bertahan tak dihargai bukankah lebih baik pergi. Tapi seolah tak boleh pergi, jadi maunya gimana..

Biasanya perempuan kaya gini ya? Sikapnya yang misterius membuat para lelaki kebingungan. Bertahan merasa tak dihargai, pergi tapi seperti ditahan

Makannya ketika ada hubungan dengan seseorang perjelas, biar tidak membingungkan, aku harus bertahan atau pergi. Bertahan? Ayo hidup denganku diatas hukum yang sah. Hiyaaa

Jangan mau digantung ya, pedihh. Hehe

Hati saya telah dimiliki

Sebab hati saya telah dimiliki oleh awak sepenuhnya. Terima kasih awak sebab masih lagi tahan dengan perangai saya yang kadang – kadang macam budak budak ini.

Karena hatiku sudah dimiliki olehmu sepenuhnya. aku ucapkan terimakasih karena kamu masih mau bertahan dengan sikap ku yang terkadang seperti anak anak ini.

Beruntung ketika hati dibalas dengan hati. Karena tidak semua orang bisa menerima cinta dari orang yang kita cinta.

Seperti dalam kata ata bijak bahasa melayu di atas, ketika hati sudah saling memiliki. Akan selalu meneirma segala kekurangan pasangan.

Sekali pun perangainya atau sikapnya seringkali membuat pasangannya jengkel. Berkali kali, untuk orang yang disayang, maaf akan selalu  ada, betul tidak?

Tapi diingat ya, yang baik katakan baik, tapi untuk yang buruk jangan katakan baik, kataka buruk karena memang sejatinya itu buruk.

Kesilapannya dan kebaikannya

Jangan membenci seseorang kerana satu kesilapannya, renung dan ingat setiap kebaikan yang pernah dia lakukan

jangan membenci seseorang karena satu kesalahannya, renungi dan ingat setiap kebaikan yang pernah dia lakukan.

Dalam menilai sebenarnya bukan hak  kita, kita hanya makhluk tuhan yang diciptakan hanya  untuk beribadah. Betul?

Tapi terkadang manusia lebih pintar dalam menilai seseorang, ketika ia membenci yang diingat hanyalah kesilapannya ata kesalahannya.

Padahal dia juga sama hanya manusia, seperti kita. Seringkali satu kesalahan menghancur leburkan semua kebaikan.

Dalam kata kata bijak bahasa melayu diatas mengingatkan kepada kita. jangan pernah melupakan kebaikan orang hanya karena stu kesalahannya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *