pengantin minang
Quotes

Kata Kata Bijak Bahasa Minang

Kumpulan quotes dan kata kata bijak dalam Bahasa Minang mengenai kehidupan, cinta, lucu dll.

Minangkabau atau baso minangkabau.

Berbicara bahasa, memang tak ada habisnya, di indonesia saja banyak sekali ragam bahasa. Bahasa apa yang kamu gunakan? Bahasa sunda? Bahasa jawa?

Apapun bahasanya, kita semua tetap indonesia, yang memiliki satu bahasa persatuan, yaitu bahasa indoneisa.

Nah berbicara tentang bahasa, Sebelum penulis membahas tentang Kata Kata Bijak Bahasa Minang.  Kali ini penulis mau sedikit berbagi informasi tentang bahasa minang, terlebih dahulu.

Bagaimana ya Bahasa Minang itu? Siapa saja yang menggunakan Bahasa Minang ini?

Bahasa Minangkabau sendiri merupakan bahasa daerah atau bahasa etnis yang dituturkan oleh Suku Minangkabau yang berasal dari wilayah Dataran tinggi Minangkabau di Sumatera Barat.

Bahasa Minang memiliki banyak dialek, bahkan antarkampung yang dipisahkan oleh sungai sekali pun dapat mempunyai dialek yang berbeda.

Menurut Nadra, diwilayah Sumatra Barat bahasa minang dapat dibagi dalam tujuh dialek :

  1. Rao-Mapat Tunggul
  2. Muara Sungai Lolo
  3. Pangkalan Lubuak Alai
  4. Payakumbuh
  5. Agam – Tanah Datar
  6. Pancung Soal
  7. Koto Baru

Itulah sedikit perkenalan dengan Bahasa Minang. Udah tau kan sekarang tentang bahasa minang? Udah ya.

Kata Kata Bijak Bahasa Minang Tentang Nasihat Kehidupan

kata kata bijak bahasa minang

Nasihat meupakan hal yang selalu kita perlukan dalam keadaan apapun, suilit atau bahagia, makmur atau sempit.

Pada dasarnya kita selalu butuh akan nasihat nasihat dari orang orang terdekat kita. Agar kita selalu ingat tentang segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita tak luput dari campur tangan tuhan.

Jangan pernah menyerah, jangan pernah merasa sombong. Jangan terlena dengan fana nya dunia.

1. Jangan Cemas

Usah cameh katiko susah, jan takabua katiko lai.

Jangan cemas ketika susah, jangan takabuar ketika ber – ada

Seperti yang penulis utarakan di awal, bahwasanya semua yang terjadi di dunia ini fana. Hanya sementara.

Berusaha untuk tidak berlebihan ketika menghadapi perkara dunia, ketika susah? Jangan terlalu cemas, teruslah berdoa, karena tuhan pasti akna memberikan hak kita.

Tugas kita adalah yakin kepada sang maha pencipta, dan kita terus berikhtiara juga terus berdoa, jangan cemas berlebihan pada perkara diluar kuasa kita.  

Terus bersyukur dengan apa yang diberikan tuhan, jangan sombong, semua yang ikita miliki adalah titipan dariNYA.

2. Beban dan Budi

Anak nalayan mambaok cangkua, mananam ubi ditanah darek. Baban sakoyan dapek dipikua, budi saketek taraso barek.

Beban yang berat dapat dipikul, tetapi budi terasa berat.

Coba deh kita pahami kata kata bijak di atas. Beban yang berat masih bisa kita pikul, tapi budi yang sedikit terasa berat. Berat disini cukup sulit

Budi atau  tabiat/ akhlaq / watak. Yang menggerakan/ tindakan dari perpaduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk.

Begitulah kenapa jika budinya sedikit atau kurang baik ya cukup sulit, karena budi itu di didik dari sejak kecil, dibentuk dari mulai manusia berkembang.

Budi sangatlah penting, karena unutk menjadi manusia haruslah bisa membedakan mana yang baik dan buruk, bukan hanya sekedar tau.

3. Hubungan yang Erat

Anak ikan dimakan ikan, gadang ditabek anak tenggiri. Ameh bukan perakpun bukan, budi saketek rang haragoi.

Hubungan yang erat sesama manusia bukan karena emas dan perak, tetapi lebih diikat budi yang baik

Siapa yang pernah punya teman ketika banyak duit?, tapi hilang semua ketika tak punya duit? Hihi. Kamu pernah ngalamin di posisi seperti itu ?

Nah kata kata bijak ini cocok buat kamu, pasang di mu nih, biar, biar apa coba? Biar paham aja.hehe

Perihal hubungan yang erat, hubungan pertemanan antar manusia yang langgeng biasanya bukan didasari karena harta/ tetapi karena budi dari setiap mereka baik dan luhur.

Budi yang luhur bisa terlihat dari sikap bijaksana seseorang kepada orang lain yang baik. yang mengerti tanpa merendah, yang tinggi tanpa merendahkan orang lain.

4. Pengetahuan dan Kemuliaan

Anjalai tumbuah dimunggu, sugi sugi dirumpun padi. Supayo pandai rajin baguru, supayo tinggi naikkin budi.

Pengetahuan hanya didapat dengan berguru, kemuliaan hanya didapat dengan budi yang tinggi

Kitatahu ya, bahwa adab itu lebih penting daripada ilmu, peribahasa ini telah ada dari jaman dahulu kala.

Bukan berarti membandingkan, untuk memilik adab / akhlaq yang baik juga perlu ilmu, perlu kesadaran dalam diri.

Hanya saja kita lebih diutamakan untuk memerlajari adab/ akhlaq /budi terlebih dahulu, karena adab ditanamkan menjadi darag daging manusia,

Sedangkan ilmu pengetahun, bisa kita dapat dari mana saja, kapan saja, apalagi mengingat sekarang, mencari ilmu itu sangatlah gampang.

Kata kata bijak ini memberi pemahamam bahwa sanya, pengetahun bisa saja kita dapatkan dengan berguru kepada siapapun, sedangkan kemuliaan hanya di dapat dari budi yang luhur.

5. Pegangan Hidup

Alah bauriah bak sipasin, kok bakiek alah bajajak, habih tahun baganti musim sandi adat jangan dianjak.

walaupun tahun silih berganti musim selalu beredar, tetapi pegangan hidup jangan dilepas.

 Dalam kata kata bijak ini mengingatkan kepada kita semua, bahwa dalam kehidupan harus lah memiliki pegangan hidup, prinsip hidup.

Jika ditanya, apa prinsipo hidupmu?, yang menjadi dasar kamu dalam menjalani kehidupan?

Dalam islam, prinsip dalam hidup pastilah mengarah ke dalam al quran dan as sunah.

Kenapa? Karena pedoman dalma hidup kita adalah al quran. Semua tentang kehidupan, kesulitan dan tentang seisi  alam dunia di bahas dalam al quran.

Jika kamu punya prinsip dalam hidup, kamu tidak akan mudah dipengaruhi. Kamu akan tetap tangguh dalam prinsip yang kamu pegan.

Seperti kata kata bijak minang ini, yang di istilahkn dalam kondisi cuaca, mau musim berganti, asal pegangan hidup kita jangan lepas.

Kata kata bijak bahasa minang keren dan kekinian

kata kata mutiara bahasa minang

Kata kata bijak bahasa minang ini bisa kamu pakai untuk update story , mau di instagram/ whatshapp / facebook.

Kata kata bijak ini juga bisa berubah menjadi hiburan, naasihat, sindiran, untuk yang baca, untuk yang menshare, dan untuk semuanya. Hehe

Berikut beberapa kata kata bijak bahasa minang keren beserta artinya :

1. Cinta dan Batasan

Jikok cinto muncul, batasan ka manghilang.

Jika cinta muncul, batasan akan menghilang.

Nah, siapa disini yang kaya gini? Kalo dah cinta hilang rasa nggak enakan. Hehe

Kenapa seperti itu, karena sudah merasa memiliki.

Biasanya batasan diantara aku, kamu dan kita hilang begitu saja. Misal ketika laki laki dan perempuan, awal awal mungkin masih canggung, mau cerita ini ah malu.

Tapi, ketika salah satu diantaranya bercerita banyak terbuka, disanalah awal awal perasaan muncul, dan pada akhirnya dua duanya juga terbuka. Cerita ini dan itu.

Hayoo begitu tidak?, ets tapi ingat halal dulu ya, biar nggak nyesel hehe.

Kata kata bijak bahasa minang  ini bisa kamu jadikan status sosial media,

sindir si dia misalnya, sindir bahwa kamu mencintainya, dan minta ke jenjang lebih serius. ehh

2. Kebahagiaan Terbesar

Kabahagiaan paliang gadang di hiduik adolah diyakinkan bahwa kito dicintai.

Kebahagiaan terbesar hidup adalah diyakinkan bahwa kita dicintai.

Setiap orang, khususnya perempuan memiliki harapan besar pada pasangannya. Harapan apa? Harapan bahwa ia memang benar benar dicintai.

Orang lain pun sama, setiap orang memiliki harapan bahwa ia sangatlah dicintai, misal harapan seorang istri dicintai oleh suaminya, atau sebaliknya.

Atau harapan seorng anak dicintai oleh orangtua, atau sebaliknya. itulah kebahagiaan yang paling besar dalam hidup. Kata kata bijak bahasa minang keren ini bisa mewakilkan harapan harapan kita semua. Hehe

Kamu bisa gunakan kata kata bijak bahasa minang keren ini, jadi caption di sosmed  kamu, atau bisa kamu kirim someone spesial kamu. Hehe

3. Ruang dan Waktu

Cinto adolah ruang jo wakatu nan diukua dek ati.

Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.

Sudah berulang kali dijelaskan bahwa cinta adalah satu kata yang luar biasa. Cinta bisa membuat orang yang kasar menjadi lemah lembut. Begitupun sebaliknya.

Ia bisa memaafkan orang yang ia cinta sekalipun kesalahannya begitu menggunung. Demi cinta ia berulang kali memupuk kekesalan, kesal ditinggalkan, kesal dicueki, yang terpenting tempat nya pulang adalah kamu.

Begitu bukan?

Dalam kata kata bijak diatas, bahwasanya cinta itu tidak kenal ruang dan waktu, mau dia jauh, atau dekat kalau udah cinta, tak ada satu pun yang bisa menghalangi.

Mau dia lebih muda atau lebih tua, tak menjadi henti dalam mencintai. Karena cinta adalah perihal perasaan, perial hati, yang kadang kita sendiri pun tak bisa mengendalikannya.

4. Sebuah Perjalanan

Cinto ambo ka adiak adolah sabuah perjalanan, dimulai dari salamonyo, dan indak panah barakhir.      

Cintaku padamu adalah sebuah perjalanan, dimulai dari selamanya, dan tidak pernah berakhir.

Gimana perasaanmu saat membaca kata kata bijak di atas? Ngena banget ya? Mewakili perasaan yang kamu utarakan untuk seseorang,bukan ? hehe

Bahwa, ketika cinta telah bersemi dalam hati seseorang, ia akan berikan sepenuhnya untuk cinta itu.

Cintanya adalah sebuah perjalanan, yang dimulai dari selamanya, dan tidak pernah berakhir. Itulah setulus tulusnya cinta.

5. Ketidaksempurnaan

Mungkin katidak-sempurnaan kito nan mambuek kito sabana sempurna satu jo nan lain.

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita beitu sempurna satu sama lain.

Ya, kadang kita selalu menuntut kesempurnaan. Baik menuntut kesempurnaan pasangan,bahkan menuntut kesempurnaan pada diri kita sendiri.

Koq, ke diri sendiri? Kamu pernah ngerasa insecure? Sering? Nah itu dia kamu sedang menuntut kesempurnaan.

Padahal didunia ini tidak ada yang sempurna, yang ada kita saling menyempurnakan     seperti yang ditulis dalam kata kata bijak keren di atas.

Kita berbeda, punya kurang lebihnya, oleh karena itulah ketidak sempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.

Kata Kata Bijak Bahasa Minang yang lucu

quotes bahasa minang

Siapa yang suka posting kata kata lucu? Nah ini cocok untuk kita semua nya, sekedar berbagi kebahagiaan lewat tulisan, sangat dianjurkan yah teman teman. Hehe

Karena hidup juga perlu tertawa bukan? jangan terlalu seriuss ya, kali kali ketawa dikit boleh lah hihi

Berikut kata kata bijak bahasa minang yang Lucu beserta artinya :

1. Ular Pucuk

Wak kiro pucuak di cinto ulam pun tibo, kironyo malah ular pucuk yang datang.

Ku kira pucuk di cinta ulam pun tiba, ternyata malah ular pucuk yang datang.

Kawan paham tidak dengan kata kata bijak di atas? Pucuk dicinta ulam pun tiba.

Lebih simple nya seperti ini, apa yang kita harapkan akhirnya menjadi kenyataan.

Senang bukan main, ketika harapan harapan kita akhirnya menjadi kenyataan yang kita alami.

Tapi tidak semua harapan menjadi kenyataan, bukan berarti tuhan tak sayang, hanya saja akan digantikan dengan yang lebih baik lagi di depan.

Agar tak terlalu serius, tak terlalu kecewa pada harapan. Kata kata bijak ini dibuat lucu lho, kenapa? Pasalnya dikira yang diharapkan datang, eh malah ular yang datang.

Jadi zonk yang datangnya hehe. Tapi harus tetap optimis pada setiap ketetapan ya ! J

2. Kalau Nanti Tak Berjodoh

Jikok isuakko ambo indak bajodoh jo inyo, minimal adiaknyo harus ambo dapek ‘an , atau amaknyo ndak ba’a juo doh

Kalau nantinya aku tidak berjodoh dengannya, minimal adiknya harus aku dapatkan, atau ibunya juga gapapa.

Agak nyeleneh dikit ya ini kata kata nya.

Tapi masih untung bukan dukun yang bertindak. Seperti lagu cinta ditolak , dukun bertindak.

Kata kata bijak bahasa minang yang lucu ini berisi makna, jika dia bukan jodohnya,nggak  minimalnya adiknya dia bisa didapetin, ibunya juga boleh, ehh ibunya kan harus jadi mertua, dong. Wkwk

Masa iya mau ke ibunya ya kan?. Perihal jodoh memang rahasiaNYA. Tapi kita  bisa mengusahakannya, dengan apa?

Luluhkan hatinya, datangi orangtuanya, yuk ke pelaminan. Ehh

3. Cukup Satu Saja

Punyo pacar tu cukuik surang se, surang di siko, surang di sinan, surang sadang LDR, surang lai masih manunggu jawaban.

Punya pacar itu cukup satu saja. Satu di sini, satu di sana, satu LDR, satu lagi masih menunggu jawaban.

Gimana bikin geleng geleng kepala ya kata kata bijakanya. Wkwk

Adakah laki laki yang se setia ini? Banyakk ya kayanya.

Ta please bukan yang bukan setia yang kaya gitu yang perempuan mau.

Itu mah setiap tikungan ada.

Cukup, di dunia, cukup satu untuk selamanya. Bukan disana satu, disini satu, apalagi masih ada yang ditunggu.

Nyeleneh banget kata kata bijak nya.

4. Seberat Apapun

Sabarek jo sasulik  apapon karajo, ka taraso manjadi ringan jiklok indak dikarajoan .

Seberat dan sesulit apapun pekerjaan, akan terasa menjadi ringan bila tidak dikerjakan.

Betul banget seberat dan sesulit apapun, ya kalo nggak dikerjain mah jadi nggak sulit ya. Ya iyaa orang kamu nggak ngerjain itu pekerjaan. Wkwk

Siapa yang kaya gini? Kalo lagi badmood ditambah segudang pekerjaan, al hasil masunya rebahan aja, ya kan !

Nggak boleh gitu ya teman teman, seberat apapun dan seulit apapun. Yuk kita berusaha sekuat tenaga.

Kata kata bijak bahasa minang ini hanya sekedar lucu lucuan aja, untuk menghilangkan ke badmood an dan keruwetan. Hehe semangat !

5. Teman dan Musuh

Labiah dipukul dek musuah dariado dicium dek kawan

Lebih baik dipukul seorang musuh ketimbang dicium seorang teman.

Jika diberi pilihan seperti itu, kamu mau memilih yang mana?

Dipukul oleh musuh?, atau dicium sama TEMAN ?

Bebas ya dua duanya juga boleh, eh kalau bisa jangan dua dua nya.

Kalau dipukul musuh ya sakit atuh ya.

Kalau dicium teman, yah cuman teman. Pengennya dicium sama pasangan. Wkwk

Karena ciuman adalah salah satu bentuk kasih sayang.

Kalau pukulan? Bentuk apa? Bentuk kebencian.

Stop jangan pernah membenci siapapun ya.

Berusahalah untuk terus berprasangka baik kepada setiap orang, hilangkan kedengkian, kebencian.

Kata Kata Bijak Bahasa Minang Menyayat Hati

kata kata bijak bahasa minang

Kadang begitulah kehidupan ada senang dan bahagia. Ketika seseorang dirundung kesedihan seringkali bergejolak dalam hati ingin bercerita kepada teman, tapi kebingungan siapa yang bisa dipercaya dan siapa yang benar benar akan peduli.

Pada akhirnya mencurahkan isi hati lewat kata kata bijak yang mewakili perasaannya ke media sosial. Betul tidak?

Semoga mewakilkan, berikut kata kata bijak bahasa minang sedih menyayat hati:

1. Tak Siap Merindumu

Meskipun hati ko ndak siap untuk marindui adiak, dan meskipun rago ko indak siap tanpa adiak, tapi ambo baharok nan terbaik untuak adiak.

Meskipun hati ini tidak siap untuk merindumu, dan meskipun raga ini tidak siap tanpamu, namun kuberharap yang terbaik untukmu.

Rindu adalah bahasa kasih sayang seseorang. Obat rindu adalah bertemu.

Untuk menahan rindu kepada orang yang dicinta itu sangat sulit.

Apalagi jika ditakdirkan bahwa dia bukanlah jodoh kita. Merindu saja tak siap, apalagi jika raga ini tanpamu.

Tapi kita selalu berharap kepada tuhan, harapan  yang terbaik pastinya, karena tuhan pastilah membrikan yang terbaik.

Begitulah kata kata bijak di atas. Apakah mewakili perasaanmu kepada dia? Hehe

2. Pura Pura Bahagia

Indak ado nan paliangmanyakik’an kecuali harus pura-pura bahagia maliak urang nan disayangi manyayangi urang nan lain.

Tidak ada yang paling menyakitkan kecuali harus pura-pura bahagia melihat orang yang disayangi menyayangi orang lain.

Definisi cinta bertepuk sebelah tangan, begini bukan? ketika kita menyayanginya, tapi dia malah menyayangi orang lain.

Kita tidak bisa mengatuar bagaimana perasaan seseorang kepada kita, kita hanya bisa mengatur perasaan kita sendiri.

Dan kadang kala dalam mengatur perasaan kita itu, salah satu nya adalah pura pura,  iya nggak?

Dan perihal pura- pura ? siapa yang paling hebat? Biasanya perempuan yah

Tapi sepertinya aling menyakitkan ketika kita harus pura pura bahagia ketika cinta bertepuk sebalah tangan, meskipun kadang dikatakan bahwa cinta tak harus memiliki. Perasaan? Tak semudah itu ya

Kata kata bijak bahasa minang ini mungkin mewakili hati kamu ya. Hihi

3. Cara Membenci

Jikok adiak tanyo ambo ba’a caro mambanci jo baiak dan bana tu ambo indak tau, samo juo diri adiak nan indak tau ba’a caro manyayangi ambo jo baiak dan bana

Jika kau tanya aku bagaimana cara membenci dengan baik dan benar maka aku tidak tau, seperti juga dirimu yang tidak tahu bagaimana cara menyayangiku dengan baik dan benar.

Memangnya ada cara membenci yang baik dan benar? Tak ada cara membenci yang baik dan benar. Jangan pernah membenci! Lepaskanlah rasa itu!

Kata kata bijak bahasa minang di atas cukup menyayat hati !

Bagaimana caranya memberi tahu kamu cara menyayangiku dengan baik dan benar?

Dan aku tidak pernah tau bagaimana caranya membenci dengan baik dan benar.

Ia seseorang nggak bisa membenci orang yang dia sayang, tapi orang yang kita sayang nggak bisa memberikan feed back yang sama.

Mau tau caranya bagaimana menyayangi dengan baik dan benar? Lakukan hal yang sama seperti aku menyayangi mu. Dan saat itu jangan tanya bagaimana cara membenci, karena yang aku tau adalah tentang menyayangi.

4. Yang Lebih Baik

Tuhan indak panah ma’ambiak apo nan alah inyo agiah, tuhan cuman manukanyo jo sasuatu nan labiah indah. Kito sojo nan alun sadar.

Tuhan tidak pernah mengambil apa yang dia beri, tuhan Cuma menukarnya dengan sesuatu yang lebih indah. Kita saat yang belum sadar.

Tidak ada yang mudah menerima dengan ikhlas ketika menerima kehilangan.

Semua orang tidak mau berpisah dengan orang yang kita sayang.

Bahkan dengan sesuatu dengan yang ia sayangi, cintai. Namun kita selalu lupa bahwa apa yang kita miliki, yang kta sayangi hanya titipan dari sang maha kuasa.

Jadi ketika tuhan memngambil apa yang telah kita dapatkan, jangan risau, bisa jadi tuhan mengambilnya untuk mengganti dengan yang lebih baik.

Agar lebih bisa menerima  dengan ikhlas. Tanamkan dalam hati, semua ini adalah titipan, jadi tuhan boleh saja,  kapanpun, dan dimanapun tuhan bisa saja mengambilnya.

Kita harus selalu siap akan hal itu  !

5. Cukup Tahu Diri

Untuangnyo ambo alah mambekali diri jo tahu diri nan cukuik, sabalum ado ajakan dari adiakuntuakmandangakancarito tantang inyo.

Untung aku sudah membekali diri dengan tahu diri yang cukup, sebelum ada ajakan darimu untuk mendengarkan ceritamu tentang dia.

Kata kata bijak bahasa minang ini mengingatkan kita untuk selalu  menyadari diri sendiri, siapa kita, darimana kita. Begitulah intinya ya, apalagi perihal perasaan, harus cukup tau diri.

Memang dalam hal perasaan kita harus cukup sadar diri, apalagi kita yang diam diam menyimpan rasa, eh tau tau dia malah cerita orang yang dia sukai, yang itu bukan kita.

Dari sanalah mungkin sadar diri kita semakin tinggi, bahwa kita seharusnya mundur perlahan, daripada hati terus terpatahkan oleh harapan .

Untuk kita semua, harus selalu siap siaga hati yang kuat ya, agar setidaknya bisa meminimalisir patah hati. Karena patah hati adalah sakit parah yang tak berdarah.


itulah kata kata bijak bahasa minang bahasa beserta artinya yang bisa aku bagikan, semoga dapat emwakili perasaanya ya. hehe .

Jangan lupa nggak boleh putus harapan, nggak boleh berhenti dalam berjuang, istirahat boleh asal jangan berhenti ya. keep smile

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.